12 Manfaat & Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

Pada artikel kali ini kami akan mengulas beberapa manfaat dan khasiat buah semangka untuk kesehatan, Semangka adalah jenis buah yang memang sangat segar dikonsumsi di saat cuaca panas. Namun siapa sangka jika buah ini ternyata tidak hanya pas sebagai pelepas dahaga namun juga kaya akan berjuta manfaat di dalamnya.
Manfaat dan Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan
Buah yang memiliki kadar air tinggi ini tergolong buah sepanjang masa yang mudah dijumpai, terlebih di daerah tropis seperti di Indonesia. Untuk mengetahui manfaat semangka, ada baiknya kita kenali terlebih dahulu berbagai kandungan penting yang tersusun dalam buah semangka. 

Kandungan penting tersebut dimulai dengan adanya kandungan kalium, fosfor, riboflavin, kalori, serat, seng, mangan, folat, tembaga, sodium, magnesium, asam pantotenat, vitamin B6, vitamin K dan berbagai kandungan penting lainnya.

Nah, tidak heran kan jika buah ini banyak digemari sebagian besar masyarakat kita? Faktanya, selain enak, buah ini juga memiliki banyak manfaat penting di dalamnya, 12 diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Semangka mampu menurunkan tekanan darah.

Bukan hal yang aneh jika buah semangka sering menjadi buah andalan bagi mereka yang bermasalah dengan hipertensi. Semangka dipercaya mampu menstabilkan tekanan darah karena jenis buah ini memiliki efek untuk mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung dan mengatasi tekanan darah tinggi anda.

Darah rendah juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi susu kambing sebagai minuman kesehatan secara rutin, ada kandungan senyawa di dalamnya yaitu KALIUM, yang dapat berfungsi mensetabilkan tekanan darah, baik darah rendah maupun darah tinggi akan dinormalkan kembali.

2. Buah semangka sebagai obat sembelit.

Sembelit bisa diatasi dengan kandungan serat yang bisa anda peroleh pada semangka. Serat pada buah ini dapat membentuk gel alami pada usus besar sehingga melancarkan penyerapan nutrisi dan membasmi sembelit.

3. Semangka mampu memelihara kesehatan tulang dan jantung.

Senyawa likopen yang terkandung pada semangka membantu anda untuk menjaga kesehatan jantung dan tulang. Aliran darah ke jantung dapat diperlancar akibat konsumsi buah ini sehingga mampu membuat tubuh lebih sehat akibat pengurangan tingkat oksidatif pada pembuluh darah yang sering mengakibatkan serangan jantung. Semangkan juga baik untuk membentuk kepadatan tulang dan menghindarkan tubuh dari resiko osteoporosis. Likopen juga yang membantu tubuh untuk mempercepat penyerapan kalsium.

Anda juga bisa mendapatkan kalsium dari susu kambing etawa, terdapat didalamnya senyawa yang namanya KALSIUM yang sangat tinggi, sehingga sangat bagus untuk mencegah maupun mengatasi pengeroposan tulang. kebutuhan kalsium sangatlah pentig, maka dari itu jangan meremahkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang anda.

4. Semangka baik untuk mencegah impotensi.

Senyawa citruline yang mampu diubah menjadi arginin oleh ginjal ternyata sangat efektif sebagai pencegah masalah disfungsi ereksi yang mungkin terjadi pada pria. Manfaat lain pada buah ini terkait kesuburan ialah sebagai peningkat gairah seksual, mengurangi rasa lemah, serta meningkatkan libido. 

5. Semangka mampu mencegah pembentukan lemak.

Konsumsilah buah semangka untuk mendapatkan efek alkali dari air yang terkandung di dalamnya. Berbagai penyakit yang disebabkan oleh makanan yang banyak mengandung lemak dan zat asam lainnya juga dapat dihindari dengan rajin mengkonsumsi buah ini.

6. Semangka untuk mencegah asma.

Bagi anda yang terindikasi memiliki potensi penyakit asma, anda bisa mulai rajin mengkonsumsi semangka untuk memperoleh manfaat vitamin C yang mampu menjaga kekebalan tubuh untuk meminimalisir terjadinya gangguan kesehatan khususnya masalah pernafasan. Anda juga bisa memanfaatkan SELEDRI untuk mendapatkan khasiat serupa yaitu sebagai obat herbal pereda asma.

Selain semangka dan seledri anda juga bisa mendapatkan kandungan Flourin dan betakasein dari susu kambing etawa bubuk, karena dapat berfungsi untuk mengatasi keluhan sakit pernafasan seperi asma, TBC, paru-paru dan penyakit pernafasan lainnya.

7. Semangka sebagai sumber kolagen alami.

Elastisitas kulit manusia khususnya wanita sangat dipengaruhi oleh kandungan kolagen. Semangka sendiri mengandung vitamin C yang cukup tinggi dimana jenis vitamin ini mampu membantu tubuh dalam menyerap kolagen sehingga mampu menutrisi kulit dan menjadikannya kenyal serta lembut. Sementara itu, semangka yang kaya air akan mampu memenuhi kebutuhan air untuk memelihara sel kulit.

8. Semangka sebagai penangkal kanker.

Kandungan licopen dan vitamin C dalam tubuh mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab utama kanker. Kandungan ini juga yang diperlukan penderita kanker prostat serta beberapa jenis kanker lain untuk mencegah sel kanker semakin parah dan menyebar.

Kangker juga dapat diatasi dengan susu kambing etawa bubuk organik, terdapat kandungan senyawa enzim xanthine oxydase dan juga niasin ( vit B3 ) yang berfungsi untuk membunuh sel kangker pada tubuh, sehingga dapat mencegah kangker menyebar ke seluruh tubuh.

9. Semangka sebagai pelancar urin.

Bagi mereka yang bermasalah dengan saluran deuritik dan ginjal dapat memanfaatkan semangka sebagai terapi alami. Kandungan air dalam semangka juga efektif untuk membantu mengurangi racun dalam hati sehingga mengurangi beban kerja ginjal.

10. Semangka untuk mengatasi nyeri otot.

Asam amino citruline yang banyak terdapat pada semangka, efektif sebagai obat untuk meredakan nyeri otot. Senyawa ini mampu membuat otot tubuh lebih santai dan meminimalisir terjadinya kaku otot akibat ketegangan yang terjadi. Tidak heran jika selain untuk penawar dahaga, semangka juga banyak disajikan untuk atlit selama pertandingan guna mendapat manfaat untuk mengatasi nyeri otot.

Alangkah baiknya anda juga mencoba susu kambing karena sangat bagus dikonsumsi untuk anda yang memiliki keluhan-keluhan seperti sering geringgingan atau kesemutan, tubuh anda mudah capek, gampang loyo, nyeri dipersendian, punggung sakit, genggaman sudah tidak kuat dengan susu kambing semua akan dapat normal kembali.dapatkan manfaat susu kambing yang lebih banyak lagi dengan ajin mengkonsumsinya setiap hari.

11. Semangka untuk mengatasi peradangan.

Senyawa fenolik, triterpenoid, flavonoid dan karotenoid diyakini mampu mengatasi peradangan dan mencegah tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan cucurbicatin pada semangka juga menjadi agen anti inflamasi yang mampu membuat sel tubuh cepat pulih. Tidak heran jika hal ini banyak dikaitkan dengan manfaat semangka sebagai buah yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh secara alami.

12. Semangka baik untuk menjaga kesehatan mata.

Beta karoten dan vitamin A yang banyak ditemui pada semangka juga menjadi alasan tepat bahwa buah ini baik untuk menjaga kesehatan mata. Semangka juga membuat mata lebih sehat dan meminimalisir terjadinya katarak dan resiko penyakit rabun pada orang tua. 

Itu dia 12 manfaat penting dari buah semangka yang mungkin tidak pernah disangka-sangka. Meskipun di zaman yang semakin canggih ini semangka telah banyak dikembangkan dengan berbagai varian, bentuk dan rasa, namun manfaat semangka tetap bisa anda dapatkan jika anda mengkonsumsinya dengan tepat sesuai takaran dan kebutuhan harian anda. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
0 Komentar