9 Manfaat & Khasiat Daun Dewa Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman Dewa yang memiliki ciri khas berupa bentuk daun yang bergerigi menyerupai ornamen patung dewa memang memiliki banyak manfaat guna menunjang kesehatan manusia.Tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal dan bagian yang bisa diolah untuk dijadikan obat herbal ialah bagian umbi, akar hingga daunnya. 

Manfaat dan Khasiat Daun Dewa Untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman yang dikenal dengan nama lain Samsit atau San qi cao dan memiliki nama latin nya adalah Gynura segetum juga terkenal dengan istilah tanaman Sambung Nyawa. Meskipun bukan termasuk dalam jenis tanaman sayuran yang sering dimanfaatkan sebagai bahan olahan, namun tanaman dewa yang bisa dikembang biakkan dengan mudah ini memiliki berjuta khasiat yang baik untuk megatasi berbagai keluhan kesehatan. 

Kandungan-kandungan penting yang terdapat pada tanaman dewa membuat jenis tanaman obat keluarga (TOGA) ini memiliki 9 manfaat khusus bagi kesehatan. Berikut Manfaat dan khasiat daun dewa untuk kesehatan

1. Daun dewa berfungsi untuk mengobati penyakit demam berdarah 

Di musim penghujan, perkembangbiakan nyamuk penyebar DBD memang perlu diwaspadai. Namun jika orang-orang terdekat kita terlanjur mengidap penyakit ini, beberapa langkah lanjutan yang bisa diterapkan selain menggunakan obat dokter sebagai bentuk ikhtiar, anda juga bisa memanfaatkan tanaman dewa khususnya bagian daunnya untuk mengatasi jenis penyakit ini.

Kandungan yang dimiliki tanaman daun dewa ini mampu membantu penyakit DBD tersebut dengan memanfaatkan rebusan daunnya. Caranya adalah dengan merebus skekitar 5-7 helai daun dewa dengan 2 gelas air sampai jadi 1 gelas. Diminum secara rutin setiap dua kali dalam sehari.

Anda juga dapat mengatasi demam berdarah dengan rajin mengkonsumsi susu kambing etawa, karena terda terdapat kandungan senyawa yang namanya cynokobalamin, kandungan ini berfungsi untuk membentuk zat Hb pada tubuh, sehingga sangat bagus dikomsumsi oleh penderita demam berdarah.

2. Daun dewa membantu menghentikan pendarahan pada wanita

Seperti halnya manfaat RAMUAN DAUN SUKUN KERING, daun dewa bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkannya juga dapat menghentikan pendarahan pasca melahirkan. Rebuslah 15-20 gr batang dan daun dewa. rebus dengan segelas air sampai menjadi 1/2 gelas. minum setiap hari.

Selain efek untuk mengatasi pendarahan, daun dewa juga efektif digunakan sebagai obat wasir atau ambeien.

3. Daun dewa untuk mengobati kutil

Gunakanlah daun dewa untuk menghilangkan kutil atau jenis tumor jinak yang penanganannya tidak membutuhkan tenaga medis. Anda bisa mengadakan pengobatan sendiri untuk mengatasi masalah ini dengan cara menumbuk daun dewa sampai halus, kemudian dilumatkan atau ditempelkan pada kutil, kemudian balut dengan plester. Ganti tumbukan daun dewa setiap hari sampai kutil tersebut hilang.

4. Daun dewa untuk mengobati batuk dan muntah darah

Batuk yang disertai muntah darah adalah hal serius yang tidak boleh dianggap sepele. Untuk pertolongan pertama pada penderita batuk dan muntah darah, anda bisa memanfaatkan daun dewa guna mengurangi frekuensi batuk dan muntah darah. Caranya dengan merebus 3-5 helai daun dewa dengan 3 gelas air sampai jadi segelas. Minum 3 kali sehari sampai sakit terasa sembuh.

5. Tanaman dewa untuk solusi mengobati stroke 

Penyumbatan pada pembuluh darah otak atau pecahnya pembuluh darah di otak adalah alasan utama terjadinya kelumpuhan akibat stroke. Untuk mengatasinya, buatlah ramuan dari umbi daun dewa yang sudah dikeringkan, tumbuk sampai halus sekitar 30 gr akar daun dewa, lalu tambahkan 6 butir biji gingko kemudian seduh dengan segelas air lalu tambahkan madu 1 sendok makan. 

Alternatif lain adalah dengan cara memasukan tumbukan umbi daun dewa dan tumbukan 10 butir biji ginko kedalam kapsul, cara ini sudah banyak diterapkan pada pngobatan herbal. Minumlah rutin setiap hari selama 1-2 bulan.

Selain itu anda juga dapat menggunakan susu kambing etawa bubuk untuk terapi sakit stroke, ada kandungan senyawa yang jarang terdapat pada susu lain yaitu kandungan MCT ( Medium Chain Trygliserid ) yang dapat digunakan untuk progam diatery yang diakibatkan oleh sakit stroke.

6. Tanaman dewa untuk mengobati penyakit jantung 

Pembengkakan atau penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan suplai darah terganggu atau terhenti adalah penyebab utama terjadinya penyakit jantung. Penyakit berat ini memang telah banyak menelan korban dan tapi untuk mengurangi resiko parahnya penyakit ini, anda bisa gunakan ramuan dari tanaman dewa sebagai obat herbal.

Ramun tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit jantung dengan memanfaatkan umbi atau akarnya. Caranya adalah dengan menumbuk 10 gr umbi atau akar daun dewa sampai halus, kemudian seduh dengan air mendidih kemudian saring ampasnya. Diminum dalam keadaan hangat lebih baik. Minum lah ramuan ini setiap sore.

.7. Tanaman dewa sebagai obat dari gigitan binatang berbisa 

Pernahkah anda mengalami sakit akibat bisa ular atau kalajengking? Jika disekitar anda terjadi hal demikian, segeralah buat pertolongan pertama untuk mengatasi dan mengendalikan penyebaran bisa beracun dari hewan tersebut.

Caranya, minumlah segera air dari ramuan rebusan daun dewa, karena daun dewa ini bisa menetralkan racun dalam tubuh. Akar atau umbinya pun bisa dimanfaatkan dengan cara menumbuk kemudian ditempelkan pada tempat bekas gigitan binatang berbisa tersebut.

8. Tanaman dewa untuk mengatasi gangguan ginjal

Meminum rebusan daun ini secara rutin setiap hari terbukti efektif untuk menjaga kesehatan ginjal dan menetralkan racun dalam tubuh sehingga tugas ginjal akan terasa lebih ringan. 

9. Tanaman dewa untuk mengobati kencing manis

Kandungan penting dalam daun dewa berupa adanya sifat hipoglikemin yang berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah sangat efektif sebagai obat diabetes. Kandungan ini pula yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah agar penyakit diabetes tidak mudah kambuh.

Untuk memperolah manfaat ini, anda bisa mengkonsumsi ramuan dari tanaman dewa. Caranya adalah dengan merebus 5 helai daun dewa dengan 3 gelas air bersih. rebus hingga mendidih sampai air menjadi 1 gelas, minum setiap pagi atau malam menjelang tidur.

Kencing manis juga dapat diatasi dengan susu kambing etawa bubuk organik, karena pada susu satu ini terdapat kandungan senyawa yang namanya A2 Betakasein, kandungan ini dapat berfungsi untuk membentuk insulin pada tubuh sehingga sangat bagus untuk mengatasi keluhan diabetes atau kencing manis.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang manfaat dan khasiat daun dewa untuk mengatasi masalah kesehatan, semoga dapat bermanfaat untuk anda, terimakasih telah berkunjung ke website kami.






Previous
Next Post »
0 Komentar